3/27/2009

SOSIALISASI INTERNET MOBILE (SOLUSI CEPAT MENGATASI KETERTINGGALAN INFORMASI) DALAM MEMACU PENINGKATAN SDM



Setelah berulangkali saya melakukan browsing ke berbagai situs pendidikan yang ada di luar Kabupaten dimana saya tinggal, hati saya kemudian bertanya-tanya, dapatkah pendidikan di Kabupaten saya akan maju seperti mereka?
Pertanyaan ini selalu muncul setiap kali saya browsing dan kemudian melihat kemajuan dunia pendidikan di daerah lain. Menangis, dan sekaligus prihatin sebenarnya hati saya melihat kenyataan ini. Mengapa tidak? Sudah memasuki di tahun yang ke-18 saya berada di dunia pendidikan namun kenyataannya, kemajuan yang diperoleh belum seprogresif bila kita bandingkan dengan saudara-saudara kita di tempat lain.
Kapankah ini akan terwujud?
Memang di era reformasi seperti sekarang ini, dunia pendidikan sudah tidak sama lagi seperti ketika saya masih bersekolah dulu. Berbagai kepentingan sekarang nimbrung ...
dalam kegiatan kependidikan kita. Padahal dalam dunia kependidikan itu seharusnya bersih dari berbagai kepentingan kecuali hanya satu yaitu mencerdaskan anak bangsa yang berlandaskan nilai-nilai dasar negara dan amanat undang-undang dasar 1945.
Terlepas dari carut-marutnya dunia pendidikan kita, beberapa waktu lalu saya mencoba menggandeng PT. Telkomsel Pontianak untuk melakukan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet mobile ke teman-teman guru dan kepala sekolah guna membantu percepatan pendidikan melalui akses informasi.
Peserta kita ajak secara bersama-sama memikirkan kemajuan pendidikan di kab.pontianak melalui pemanfaatan internet untuk kepentingan pendidikan.
Diantara yang kita undang adalah dari SD, SMP/MTS, SMA/MA/SMK di sekitar kota Mempawah.
Cukup meriah kegiatan tersebut. Ada hadir dalam keiatan tersebut tim PT telkomsel, Ketua Komite SMA 2, Drs. H Rubijanto dan Kepala sekolah.
Mengapa kegiatan ini saya gerakkan?
Saya menyadari betul bahwa penguasaan informasi adalah kunci utama dalam meraih suatu sukses. Sekolah-sekolah di kabupaten kita tercinta ini sebagian besar belum bisa melakukan akses ini. Hal ini mengingat keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah masing-masing.
Kenyataan seperti ini sungguh membuat hati saya bertanya-tanya, apa yang bisa saya lakukan untuk teman-teman saya? Penguasaan Informasi itu penting.
Contohnya ketika kita akan bertanding. Bagaimana kita akan menang dalam suatu kompetisi sementara kita tidak tahu sama sekali kekuatan lawan kita. Bagaimana kita akan tahu kekuatan dan kelemahan lawan sekiranya kita sendiri tidak bisa mengakses nformasi lawan kita.
Bagaimana kita akan melalukan akselerasi kependidikan di sekolah kita masing-masing sementara kita tidak punya pembanding apapun. Dan pembanding itu tidak hanya cukup dengan studi banding semata. Yang lebih penting adalah informasi global yang kita kumpulkan.
Jadi harapan kedepan adalah dengan penguasaan informasi ini nanti, maka sekolah-sekolah di daerah kita tercinta ini akan segera bangkit dan berbenah diri, dan tidak perlu menunggu perintah. Dan ini lah yang dalam pelajaran itu kita sebut insan VISIONER.
Dari kegiatan yang berlangsung singkat tersebut, harapan saya adalah terbukanya wawasan baru bagi teman-teman di lapangan akan pentingnya dunia informasi.
Akses internet tidak hanya menjadi hak warga kota yang bisa dijangkau oleh layanan telpon kabel atau speedy, tetapi dengan kemajuan teknologi komunikasi, kawan-kawan ku yang daerahnya cukup jauh dari jangkauan sarana tersebut mereka bisa mengakses informasi sebagaimana saudara-saudaranya yang di kota.
Sebuah kegiatan kecil untuk teman-teman di lapangan yang telah saya usahakan.
Hanya kepada Allah lah semua aktivitas yang saya lakukan ini saya serahkan.
Majulah pendidikan di daerah kita tercinta ini.
Jadilah insan seperti harapan Ki Hajar Dewantara “ ING NGARSO SUNG TULODHO, ING MADYO MANGUN KARSO, TUTWURI HANDAYANI” Amiin.

Ismail. SMA 2 Mempawah

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya ya....

Kalo ada waktu mampir lagi donk .... :)