Friday, 13 March 2009

Interpretasi Hasil Analisis "ITEMAN"

Melanjutkan tulisan saya beberapa waktu lalu yang berjudul : “ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN ITEMAN”, dan sekaligus memenuhi janji saya tentang interpretasi hasil pengolahannya, maka tulisan ini khusus berisi hal-hal yang berkaitan dengan hasil pengolahan data tersebut. Mengingat hasil pengolahan nilai tidak dapat dicantumkan bersama dengan tulisan ini, maka diharapkan Bapak/Ibu sudah mendownload lebih dahulu hasil pengolahan nilai yang tertera di samping yaitu file OUTPUT1 untuk hasil pengolahan analisis butir soal dan OUTPUT2 untuk score perolehan nilai siswa.

Semua interpretasi data ini, mengacu pada data yang tertulis pada tulisan saya sebelumnya, yaitu jumlah soal yang akan dianalisis sebanyak 15 soal (lihat tulisan sebelumnya)
Adapun interpretasi data yang pertama adalah tentang hasil analisis butir soal:

1. Seq.No ; Nomor urut butir soal dalam file data.

2. Scale-Item; Nomor urut butir soal dalam skala.

3. Prop.Corect; Tingkat kesukaran soal. Nilai mendekati nol atau satu menunjukkan bahwa soal tersebut terlalu sulit atau terlalu mudah.

4. Biser; Daya pembeda soal dengan koefisien korelasi biserial. Nilai positif menunjukkan bahwa peserta tes menjawab benar butir soal memiliki skor tinggi, sebaliknya kalo negatif bahwa peserta tes memperoleh skor yg relatif rendah. Korelasi biserial negatif tidak dikehendaki untuk kunci jawaban dan dikehendaki untuk pengecoh (alternatif jawaban yang salah).

5. Point-biser; indeks daya pembeda soal dan pilihan jawaban dengan koefisien korelasi poin-biserial. Penafsiran untuk ini sama seperti dalam menafsirkan poin 4 di atas.
• Nilai -9.000 menyatakan statistik soal tidak bisa dihitung. Hal ini dapat terjadi karena tidak ada peserta tes yang menjawab soal atau memilih jawaban tersebut.
• Statistik pilihan jawaban dan butir soal informasinya sama. Bedanya adalah untuk pilihan jawaban dihitung secara terpisah. Tanda (*) pada pilihan jawaban menunjukkan kunci jawaban.

SKALA STATISTIK :

1. N of items; Jumlah butis soal dalam skala tes.

2. N of examines; Jumlah peserta tes yang dianalisis.

3. Mean; rata-rata skor peserta tes.

4. Variance; Sebaran skor peserta tes.

5. Std.Dev ; Standard deviasi dari distribusi skor peserta tes.

6. Skew; Kemiringan distribusi skor peserta tes. Kemiringan negatif menunjukkan bahwa sebagian besar skor berada di bagian atas (skor tinggi) dari distribusi skor. Hal ini berlaku sebaliknya. Yaitu kemiringan positif. Untuk yang kemiringannya NOL menunnjukkan bahwa skor berdistribusi simetris di sekitar rata-rata.

7. Kurtosis; Puncak distribusi. Nilai positif menunjukkan distrbusi yang lebih lancip dan untuk negatif lebih landai. Sedang distribusi normal kurtosisnya nol

8. Minimum ;Skor terrendah peserta tes.

9. Maksimum; Skor tertinggi peserta tes.

10. Median; Skor tengah.

11. Alpa; Koefisien reliabilitas alpha, yang merupakan indeks homogenitas tes. Koefisien ini hanya cocok untuk mengukur pada tes yang bukan mengukur kecepatan tetapi hanya mengukur single-trait.

12. SEM; Kesalahan pengukuran standard untuk setiap tes.

13. Mean P; Rata-rata tingkat kesukaran semua butir soal dalam tes secara klasikal.

14. Mean Item-Tot; Nilai rata-rata indeks daya pembeda dari semua soal dalam tes.

15. Mean-Biserial; Rata-rata indeks daya pembeda.

16. Scale intercorrelation; indeks korelasi antarskor peserta tes yang diperoleh dari setiap subtes.

17. CHECK THE KEY D was specified, C works better (lihat nomor5); Kita diminta untuk memeriksa kembali altertanif jawaban soal. Kunci soal D, tetapi dilapangan banyak siswa yang memilih jawaban C. Untuk itu silahkan periksa kembali item soalnya kenapa bisa seperti itu?. Kalau kunci jawaban ini ingin dipertahankan yaitu kunci D, maka perbaiki soal tersebut.

Semoga ada manfaatnya. Ismail, SMA 2 Mempawah

Referensi : Pedoman penggunaan “Iteman”, Pusat Penilaian Balitbang Depdiknas, 2007

1 comment:

Adolf Training Centre said...

kalau boleh kita sering pengalaman analisis soal dengan iteman dan juga dengan spss untuk essai tks

Terima kasih atas kunjungannya ya....

Kalo ada waktu mampir lagi donk .... :)