4/18/2011

Tips Menghadapi SNMPTN


Tidak akan lama lagi, bagi siswa SMA atau yang sederajat apabila dinyatakan lulus dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mereka akan bertarung sekali lagi untuk memperebutkan kursi bergengsi “mahasiswa” di perguruan tinggi favoritnya masing-masing.
Dalam kondisi seperti itu, tidak sedikit pengorbanan yang diberikan oleh para orang tua demi mewujudkan keinginan anaknya tercinta. Mulai mengikutkan bimbingan belajar intensif hingga ke bimbingan belajar yang bergaransi alias menjamin siswanya dapat diterima di perguruan tinggi pilihan, dan apabila tidak terbukti uang dikembalikan.
Namun perlu disadari, bahwa daya tampung perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia dibanding dengan jumlah peminat tidak seimbang. Akibatnya sebagian dari mereka harus memilih ke perguruan tinggi swasta. Mengingat begitu beratnya persaingan yang akan dihadapi, tidak ada salahnya jika dikesempatan kali ini disampaikan beberpa tips agar keinginan untuk diterima di perguruan tinggi negeri dapat terwujud.

1. SESUAIKAN KEMAMPUAN DENGAN JURUSAN YANG DIINGINKAN
Ini penting untuk diketahui, karena masih banyak calon mahasiswa yang hanya karena gengsi, mereka memilih jurusan yang persaingannya sangat ketat. Karena kurangnya kemampuan mengukur potensi diri tersebut banyak calon mahasiswa yang akhirnya gagal masuk ke perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Oleh karena sebelum menentukan pilihan jurusan pada suatu universitas atau perguruan tinggi, perhatikan jumlah peminat tahun sebelumnya berikut daya tampung. Selain itu popularitas program yang anda pilih di suatu perguruan tinggi pilihan juga sangat berpengaruh.

2. IKUTI BIMBINGAN TES
Soal-soal dalam SNMPN tidaklah sama seperti saat-saat masih dibangku SMA atau yang sederajat. Tidak cukup hanya mengandalkan apa yang sudah diraih saat di SMA. Oleh karenanya bimbingan belajar menjadi alternatif penting. Namun juga perlu diingat tidak semua bimbingan belajar memiliki kualifikasi yang sama. Pilihlah tempat bimbingan belajar yang sudah terbukti banyak mengantarkan peserta didiknya lolos ke perguruan tinggi negeri. Jangan terkecoh hanya dengan janji-janji manis semata. Memang bimbingan belajar yang seperti ini biayanya tidak kecil.

3. MENYIASATI SOAL SNMPTN
Saat ini sudah tidak sesulit jaman dulu untuk mendapatkan gambaran soal SNMPTN. Media internet banyak menyediakan berbagai tipe soal SNMPTN. Gunakan soal-soal tersebut untuk berlatih. Himpun soal-soal SNMPTN lima atau enam tahun terakhir untuk memperoleh gambaran sola SNMPTN yang akan dilalui, mulai dari bentuk soal serta tingkat kesulitannya. Selain itu ikuti juga berbagai kegiatan TRY Out SNMPTN agar kalian tahu gambaran soal-soal yang diprediksi akan keluar pada tahun bersangkutan

4. SAAT PELAKSANAAN SNMPTN
Untuk hal yang satu ini mungkin tidak asing, mengingat sudah seringnya siswa kelas XII berlatih mengerjakan soal ujian dengan menggunakan lembar jawaban komputer. Hanya yang perlu untuk diperhatikan lagi adalah tetap perhatikan ketelitian dalam mengisi data peserta, dan cara menghitamkan.
Tidak kalah pentingnya adalah mengetahui cara penilaiannya. Penilaian tes SNMPTN tidaklah sama dengan tes pada saat ujian akhir. Oleh karena itu perhatikan dengan seksama cara penilaian tersebut.

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya ya....

Kalo ada waktu mampir lagi donk .... :)