6/11/2009

Belajar Internet dengan teman-teman dari SD

Beberapa minggu lalu, tepatnya dari 18 Mei 2009 hingga tanggal 25 Mei 2009 saya bersama dengan teman-teman guru dari SD di berbagai kecamatan di Kabupaten Pontianak belajar teknologi informsai. Ya… belajar Internet diantaranya. Mereka itu tergabung dalam Mahasiswa S1 PGSD semester 9 yang kebetulan sedang mengikuti mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran.
Dalam mata kuliah tersebut ....


ada bahasan tentang komputer dan sekaligus bagaimana cara memanfaatkan Internet untuk mencari informasi. Wah klop sekali. Dengan sebuah keberanian dan modal pemahaman internet yang minim saya pun menawarkan pada temen-temen untuk melakukan praktik Internet. Memang tanggapan mereka bervariasi ada yang antusias ada pula yang biasa2 saja. Bagi yang menanggapi biasa-biasa saja, saya berfikir positif aja, mungkin mereka di rumahnya atau di kantornya sudah bisaakses internet. Jadi kata internet sudah bukan barang asing baginya.
Setelah hari yang ditentukan tiba, yaitu 18 Mei 2009, kegiatan pun dimulai. Melihat semangatnya yang begitu besar saya pun terharu… ternyata kalau kita peduli terhadap apa yang diperlukan untuk meningkatkan profesionalismenya … merekapun semangat. Merasa dipedulikan, merasa diperhatikan kepentingannya dan keberadaannya diakui. Akibatnya biaya tidak dipersoalkan.
Setelah 6 hari berturut-turut belajar internet bersama mereka, trenyuh juga hati ini, maka saya pun berusaha memberikan yg terbaik untuknya. Sejak itulah mereka merasakan betapa teknologi itu dapat membantu dalam mengembangkan profesionalismenya. Semua kemudahan yang terkait dengan kegiatan mentransfer ilmu pada siswa ia dapat di Internet. Namu juga saya pesankan pada kawan kawan, agar penggunaan internet tetap dikontrol. Hal ini mengingat disitu juga sumber penyakit masyarakat tersedia. Kita harus bisa memilih dan memilah mana yg baik dan mana yang tidak baik.
Pengenalan terhadap teknologi seperti ini sudah saya mulai, silahkan Bapak-Bapak yang berwenang di bidang pendidikan dapat menindaklanjutinya untuk skala yang lebih besar lagi, sehingga jangkauannya bisa dirasakan oleh semua rekan-rekan guru. Internet dan TIK bukan semata-mata haknya guru di kota saja, tetapi juga bagi mereka yg mengajar di pelosok.

Majulah guru Indonesia.

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya ya....

Kalo ada waktu mampir lagi donk .... :)